Template Blog SEO Friendly

Melanjutkan postingan saya sebelumnya tentang Cara memaksimalkan SEO Web / Blog, kali ini saya ingin mencoba membahas secara khusus tentang Template Blog SEO Friendly.
Tidak bisa dipungkiri jika template merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SEO di blog sobat. Jadi pemilihan template blog yang tepat adalah hal yang sangat penting.
Template Blog SEO Friendly

Seperti bagaimanakah sebuah template yang baik dan bisa dikatakan SEO Friendly itu?
Di bawah ini adalah jawabannya:

1. Title Tag

Hal pertama yang perlu sobat perhatikan saat mencari template yang bagus adalah struktur Title tag, karena Title tag adalah faktor SEO on page terpenting kedua setelah konten atau artikel pada sebuah blog.
Pertanyaannya, seperti apakah title tag yang bagus itu?
Template default dari blogger memiliki struktur title yang kurang lebih seperti ini:
“Judul Blog: Judul Postingan”
Struktur title tersebut bisa dibilang kurang bagus untuk SEO karena jika blog kita memilki judul blog yang panjang maka akan menjadi kurang optimal karena google hanya akan menampilkan sekitar 70 karakter pada hasil pencarian.
Jika untuk judul blog saja sudah lumayan panjang maka otomatis untuk judul postingan menjadi terpotong.
Jadi pastikan jika sobat memilih template memiliki struktur title yang kurang lebih seperti ini:
“Judul Postingan – Judul Blog”
atau:
“Judul Postingan | Judul Blog”
atau:
“Judul Postingan : Judul Blog”
Khusus untuk tanda pemisah sejauh yang saya ketahui tidak ada perbedaan antara ”  ” “ | ” dan ” : ” Google akan melihatnya sama.

2. Tag Heading

Faktor kedua setelah Title tag adalah Tag heading. Ada banyak macam tag heading, dari H1, H2, H3, sampai H6, namun tidak semua Tag heading penting keberadaanya, tag H1 adalah salah satu yang paling penting.
Template yang bagus seharusnya memiliki tag H1 di semua halaman, baik itu homepage, postingan, dan juga halaman statis. Selain itu juga tidak boleh terdapat duplikat tag H1.
Tag H1 pada umumnya digunakan pada bagian judul blog, namun banyak beberapa template blogspot yang telah dimodifikasi agar tag H1 tampil secara dinamis. Ketika pada homepage tag H1 terletak pada judul blog, sedangkan ketika berada pada halaman postingan tag H1 terletak pada judul postingan. Tujuan modifikasi ini adalah untuk mengoptimalkan judul postingan pada hasil pencarian google.
Terus bagaimana dengan tag heading yang lainnya gan? Sejauh yang saya tahu ada tiga tag heading yang cukup berpengaruh peranannya terhadap SEO onpage. Yang pertama adalah tag H1 seperti yang sudah dijelaskan di atas dan selanjutnya adalah itu tag H2 dan H3.
Menurut saya tag H2 dan H3 peranannya tidak sepenting tag H1, tapi akan sangat bagus jika sobat memanfaatkannya untuk meletakan keyword pada tag tersebut agar semakin maksimal.

3. Meta Deskripsi

Sebelum blogger mengeluarkan fitur untuk memasukan meta deskripsi secara manual, dulu banyak sekali template-template yang telah dimodifikasi agar dapat menampilan meta deskripsi secara otomatis.
Menurut saya untuk saat ini meta deskripsi otomatis seperti itu sudah tidak bagus untuk digunakan lagi karena Blogger sudah memiliki fitur untuk memasukan meta deskripsi baik itu untuk Homepage atau Postingan.
SEO Meta Deskripsi
Kelemahan meta deskripsi otomatis adalah deskripsi yang dihasilkan menjadi tidak unik dan terkesan hanya ditujuakan untuk mesin pencari. Sedangkan jika menggunakan fitur meta deskripsi dari blogger kita bisa memasukan deskripsi sesuai keinginan.

4. Mobile-Friendly

Hal yang paling penting untuk dimiliki template blog saat ini adalah fitur Mobile-friendly.
Template Mobile-friendly secara sederhana adalah sebuah template blog yang dioptimalkan agar bisa diakses dengan mudah di perangkat mobile.

5. Loading Cepat

The web should be fast. ” Google, Inc.
Tujuan utama mesin pencari Google adalah memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kecepatan loading sebuah web ataupun blog.
Tentu saja google tidak ingin menampilkan blog-blog dengan loading super berat pada bagian paling atas hasil pencarian. Jadi jika sobat memilih template usahakan untuk tidak menggunakan template dengan loading yang berat.

6. Navigasi Mudah

Masih berkaitan dengan kecepatan loading, yaitu tentang user experience, selanjutnya adalah navigasi yang mudah.
Navigasi yang mudah yang saya maksud di sini adalah template yang dapat memudahkan mesin pencari dan juga pengujung menjelajahi isi dari blog kita.
Ciri-ciri template yang seperti ini adalah memilki menu navigasi, widget related post, breadcrumbs, search box, dll.

7. Layout

Layout atau tata letak juga menjadi salah satu faktor sebuah template SEO Friendly.
Berikut adalah contoh sederhana tata letak template yang bagus versus yang jelek untuk SEO:
template SEO Friendly
Intinya adalah untuk mengutamakan konten agar mudah dilihat oleh pengunjung.

8. Alt Atribut

Hal berikutnya yang juga menjadi faktor adalah atribute alt pada gambar. Gambar yang dimaksud di sini bukan gambar background atau icon, namun gambar seperti pada bagian thumbnail.
Beberapa template yang menggunkan thumbnail secara otomatis saya lihat banyak yang tidak memilki alt atribute, padahal atribute alt sangat penting keberadaanya pada sebuah gambar.
Thumbnail ALT Atribute

9. Tombol Berbagi

Yang terkahir adalah tombol berbagi. Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini yang namanya Social Media sudah menjadi salah satu faktor SEO pada sebuah web ataupun blog. Jadi tombol berbagi sangatlah penting keberadaanya pada sebuah template.
Begitulah kira-kira ciri-ciri template blog SEO friendly. Silakan jika mungkin sobat ingin menambahkan sesuai dengan pengetahuan SEO sobat, atau ingin mengoreksi yang ada di atas, karena mungkin ada yang salah.
Download FREE Template DISINI.

Semoga Bermanfaat
Terima kasih telah mengunjungi Blog ini...!
▰▰▰▰▰ ★☆★☆★ ▰▰▰▰▰

Creatif By ★ Online Plus ★ www.onlineplus.id | Thanks For Visiting...!

Terimah Kasih telah membaca artikel Template Blog SEO Friendly. Yang ditulis oleh Online Plus. Jika anda ingin menyebarluaskan artikel ini, mohon sertakan Sumber Link Asli dibawah ini. Silahkan sampaikan Kritik maupun saran anda di kolom komentar. Trima Kasih dan Semoga Bermanfaat...!

Berlangganan Artikel Kami...???
Masukkan alamat Email Anda di bawah:

3 komentar

susah juga ya bagi pemula seperti saya heee

sabar dan terus berusaha dipelajari

Contact Form

Name

Email *

Message *

English French German Spain Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Italian